Sunday, October 08, 2006

he had taken something

so, what have you been doing since the last time we talked? making present perfect continuous sentences? whoaaa great! :D

berarti siap untuk jenis perfect yang lain kan? sekarang past perfect. gampang kok. ngga beda jauh ama present perfect. sederhananya sih past perfect itu ya bentuk lampaunya present perfect. ha! :p

bandingkan ini.

my bedroom is dirty. i have not cleaned it for days.
my bedroom was dirty. i had not cleaned it for days.

yap masih pake peraturan kalimat dengan struktur perfect. menekankan pada action bukan when tapi how long. bedanya ya kalo simple present itu cerita masa kini, kamar kotornya masih terlihat, nah kalo past perfect ya cerita lampau, sekarang kamarnya udah ngga kotor.

more examples

i am in the airplane. i am nervous. i have never flown before.
saya di dalam pesawat terbang. saya cemas. saya belum pernah naik pesawat terbang sebelumnya.

saya sedang berada didalam pesawat saat menceritakan yang diatas (masa sekarang) tapi misal di penerbangan kedua dan saya menceritakan kembali kegugupan saya saat pertama kali naik kapal terbang maka kalimatnya menjadi seperti dibawah ini :

i was in the airplane. i was nervous. i had never flown before.
waktu itu saya ada didalam pesawat terbang. saya cemas karena belum pernah terbang sebelumnya.

got it?
now, have you got any questions?

pic is from here.

No comments: