Tuesday, March 06, 2007

he is high...err tall.

make a wish!
eh ntar hari jumat aja! hahahahah ibu guru boleh dong membantu para murid mengingat ulang tahun ibu guru kikikikikik :D

anyway perhatikan yang ini ...
tall trees but not high trees
high mountain but not tall mountain
heavy smoker but not strong smoker
faint smell but not weak smell (opposite of strong smell)
strong wind but not heavy wind (opposite of light wind)

and the list continues ..
mild cigarettes, wide awake, sound asleep, to get in a car, to get on a ship, dry wine, make a speech, do the shopping, beautiful woman, handsome man, make a telephone call, make a noise, do your hair, nuclear family, get old, go bald, get sick (but fall ill!) haaaa daftarnya masih banyak ...

hehehe ngobrolin apa sih ini? yap. benar yang ditanyain si ndah. kita lagi ngomongin koloke eh collocation. inget koloke jadi lapeeeeerrr :(

collocation itu gampangnya batasan bagaimana kata-kata dapat digunakan bersama-sama, misal preposisi dengan kata kerja, atau kata kerja dan kata benda. ya itu contohnya diatas
to get in the car (to get, preposisi dan kata kerja)
make a wish (kata kerja dan kata benda)

dan tidak dapat begitu saja digantikan dengan sinonimnya karena kalo terjadi akan kedengaran 'lucu' atau malah kehilangan makna yang sebenarnya
contoh
great man tidak dapat diganti jadi big man, karena artinya akan sangat lain
one can make a big mistake but not a large mistake, large mistake itu tidak lazim
he is high dan he is tall, sangat beda maknanya, yang satu terintoksikasi drugs, satunya lagi tinggi badannya.

nah masalahnya yang kayak gini ga ada aturan bakunya. huhuhu lalu gimana doooong? penutur asli memang bisa secara insting mengenali bentukan seperti ini karena memakainya setiap hari, mendengar dan membaca. eh kita juga bisa, ya itu tadi rajin membaca bentukan collocation ini, paling ga kenali yang sering dipakailah.

do the shopping ... kedip-kedip, yang ini familiar kaaaaaaaaan?
make the bed ... ngerapiin tempat tidur
do (your) hair ... nyisir :p
de el el

yang sering kita pakailah sehari-hari, terus lanjut ke yang jarang-jarang dipakai tapi perlu untuk memperkaya kosa kata biar makin keren, gimana?

sering mendengar (denger radio, nonton dividi matiin subtitlenya dll), baca novel inggris, niscaya semua itu akan seperti nempel di otak, next time mau pake collocation udah lancar aja, udah yakin a big mistake dan bukannya a large mistake ....

pic is from here.

15 comments:

mei said...

wahhh harus banyak belajar..makasih buguru..lanjutt

NdaH said...

makasiih bu guru ....
smakin jelas sekarang ;)

GuM said...

OOT :
Selamat Ulang Taun ya bu guruu :D

helgeduelbek said...

Terimakashi pelajarannya hari ini bu guru. Salam kenal dari borneo.
Lanjut terus ngajarnya yah

Agung said...

Hi there...
This blog is so nice that I've been looking for...

I'm looking forward to your guidance, let's share English together.

^_^

TJ said...

Selamat, dan terimaksih buat bu Guru ...:)

wawan said...

met ultah bu guru, makasih buat ilmunya :D

huda said...

Wah.. baru pertama kali nemu blog ttg Bahasa Inggris.. seru juga.

Salam kenal Bu Guru..

Saya sih gak bego2 amat masalah bahasa Inggris, cuma listening itu loo.. kadang masih belum peka, gak bisa langsung nangkep.. kudu konsentrasi dulu..

klo nonton DVD, saya suka nyalain teksnya, tapi prefer ke teks Inggris, daripada Indonesia.

mohon bimbingannya Bu Guru!!

Btw boleh tau.. ngajar kursus/sekolah/univ?

awi said...

wah oke banget, yang ngebaca jadi pinter bahasa inggris sekarang. thanks, berguna bgt deh

prim said...

wah.. ketemu tutor nih... aku juga lagi ngeblog bahasa inggris.. sekali-kali datang ke blog ku bu guru.. lihat-lihat mana tahu aku banyak salahnya.. trim's ya..!

simply me said...

salam kenal, wah hebring blog nya... kok belum ada update terbaru lagih?

orakanggo said...

mbak..mbak.., bersedia menerima kursus online private gk? serius nih mo blajar dari awal.

Murid gantenk said...

serius mau belajar.

sHIn'z said...

salam kenal...^_^

thankz ya bu guru, udah bersedia ngajarin.
Tapi klo bisa di artikan juga dong kata2 bahasa inggris yang di sampaikan, jadi biar kita nambah perbendaharaan kata + gampang ngertinya gitu..

sukses yawh...

Anonymous said...

membaca seluruh blog, cukup bagus