Friday, October 06, 2006

how many times have you kissed him today?

masih inget ama regular dan irregular verbs kan? atau malah udah apal semua? :D

okeh kalo dulu berkutat ama kata kerja bentuk kedua sekarang bentuk ketiga yiiiuuuuk! okay, ready? get set, go!

i lost my key.
i have lost my key.

waks! bedanya apa?

dalam banyak kasus, penggunaan simple past (i did) atau present perfect (i have done) itu bisa saling menggantikan. contohnya ya dua kalimat contoh diatas. tapiiiiiiiiiiiiiiii kalo dibilang sama sih ngga juga! tetep ada rambu-rambu yang membedakan kedua bentuk tersebut.

ketika kita membicarakan kapan sesuatu terjadi maka kita memakai simple past
contoh
i bought a bag yesterday (not have bought)
she went to jakarta two days ago (not have gone)
what time did he arrive? (not have they arrived)

dan kenapa tidak present perfect?
karena ketika kita memakai present perfect kita lebih menfokuskan pada penyelesaian dari sesuatu by a given time dan bukan sesuatu yang terjadi at a given time. jadi ya kayak contoh diatas ngga bakal ada present perfect yang dilengkapi time signal seperti yesterday, two days ago etc.

i have lived in bali for almost 9 years ( i still live here to date)
bandingkan dengan she lived in bali for 5 years. (she does not live in bali any longer)

i have smoked 7 cigarettes today. (today adalah periode waktu yang lanjut sampai waktu sekarang)
i smoked 12 cigarettes yesterday. (yesterday adalah waktu yang telah usai)

beda kan?

gampangnya gini. kalo simple past itu cuman ngobrolin tentang sesuatu yang terjadi dimasa kini, present perfect meski juga ngobrolin tentang sesuatu yang terjadi dimasa lalu namun berkaitan dengan situasi kini.

more examples!
have you had breakfast?
i have done my homework. (ngga penting kapannya yang pasti sudah)
maria has moved to new zealand.
i have not met him since february.

tips. nah karena present perfect hanya digunakan untuk kejadian dimasa lalu yang berkaitan dengan situasi kini, maka untuk kejadian-kejadian sejarah ya jangan pake present perfect.
contoh
einstein developed the theory of relativity (not has developed)

understood?

okay sekarang lanjut dengan past perfect dan past perfect continuous. becandaaaa one at a time yak! besok lanjut lagi. i need to sleep! :D

3 comments:

Anonymous said...

duh Bu Guru, selama ini saya ngerti tapi rada susah jelasin ke orang2..Bu Guru ini top bgt!! :) Cia yo ya Bu Guru! ;)

Silverlines said...

I've been kissing him the whole morning today, Ma'am ..
;-)

Nice blog. Very useful.

wd said...

kalo simple past itu cuman ngobrolin tentang sesuatu yang terjadi dimasa kini...

bu guru.. bingung aku sama kalimat di atas.. could u explain me, pleaseeee..