Saturday, March 03, 2007

patiently, beautifully, sharply, fast ...

pernah nunggu ga? nunggu itu nyenengin pa nyebelin sih benernya? haaa tergantung sapa yang ditunggu? ohh gitu yak! coba ntar ibu guru dikasi tau nunggu siapa sih nunggu yang nyenengin itu!

sementara itu ayo kita belajar adverb yuk! itu loh yang seringan ditambahin ~ly. ga selalu sih, jadi ati-ati jangan maen tambah ~ly. nah udah pusing belum? :D

masih inget kata sifat? baguuuusss. memang murid-murid yang pintar, siapa dulu dong gurunya! *wink wink*

masih inget juga dong kata sifat itu dipakai untuk menerangkan kata benda. naaah kalo yang itu udah tau ayo sekarang kita belajar yang namanya adverb, fungsinya mirip kata sifat, tapi adverb menerangkan kata lain selain kata benda, seperti kata kerja, kata sifat, frasa kalimat dan bahkan anak kalimat.

adverb sendiri ada beberapa macam, ada adverb of manner, time, place, cause dan degree. uhuk sebelum makin memusingkan (yang pasti ibu guru juga udah mulai pening sendiri :D) kita mulai aja dengan, traraaaaaaaaaa ...

ADVERB OF MANNER
gampangnya sih adverb of manner ini adalah kata yang menerangkan bagaimana suatu pekerjaan dilakukan.
dilihat dari posisinya
adverb of manner biasanya diletakkan setelah kata kerja ataupun setelah obyek. watch!

they waited patiently. (setelah kata kerja)
mereka menunggu dengan sabar.
she sings
the song beautifully. (setelah obyek)
dia menyanyikan lagunya dengan indah.

hmm sebelum lanjut, meski nampaknya adverb itu selalu mendapat tambahan ~ly, tapi ndak selalu loh ya.
perhatikan yang ini!

he runs fast.
dia berlari dengan cepat.
dan yap fast disitu adalah adverb yang menjelaskan kata kerja runs.

sampai sini belum ada yang bobo karena pening kan? baguuuus. kembali ke posisi kalo gitu. ingat-ingat ya jangan sekali-kali meletakkan adverb of manner diantara kata kerja dan obyek

she sings beautifully the song (big NO NO!)

kecuali ada preposition sebelum obyeknya. (errr preposition pernah diobrolin belum yak?) pake contoh aja deh!

she screamed to the crowd. (yap, to dikalimat itu adalah preposition)
misal kita memakai adverb of manner loudly, maka ada dua kemungkinan
she screamed loudly to the crowd (sebelum preposition)
atau
she screamed to the crowd loudly (setelah obyek)

got it? awas kalo bilang ngga, ibu guru tereak nih :p

ya udah sampai sini dulu, ntaran kita lanjutkan dengan adverb of time. ohhhkaaayy! time to get some sleep now zzzzzzzzz......

pic is from here.

3 comments:

lenje said...

jadi.. er.. nunggu siapa yang menyenangkan itu bu? *muka polos*

Pure Delight said...

bu guru salam kenal.. post ttg grammar dong, I like the way you teach, tapi aku dari dulu ga ngerti2 kapan pke has been have been dkk!! selama ini cuap2 ga pake grammar!!

Leslie Lim said...

Thanks for sharing your thoughts. I truly appreciate your efforts and I am waiting for your next write ups thanks once again.

Rica
www.imarksweb.org