Wednesday, February 28, 2007

dddiiinosaurus?

hayoooo jangan ngaku suka friends kalo ga tau ini gambar apartemen siapa! eh beneran tau yap! hihi iyah bener ini apartemennya joey ama chandler. apartemen yang lucu. jadi pengen *muka pengen* ... eh eh ayo ayo fokus bu guru! :p

tadi sengaja nonton lagi friends yang season sepuluh episode lima. inget ngga? itu loh yang joey nulis surat rekomendasi buat chandler dan monica yang bakal ngadopsi anak? inget ngga? ngga? ya udah kalo ngga inget sini aku ingetin :D

ini salah satu percakapan di episode itu. antara joey dan *ehm* favorite saya, ross *tatapan penuh cinta kikikikik*. eh iya percakapan terjadi di apartemen di gambar itu tuh. di meja dapur itu. ayo sana bayangkan dulu! settingnya joey pas ngetik-ngetik gitu dilaptopnya yah!

+ what are you working on?
- monica and chandler's recommendation. i want it to sound smart but i don't know big words or anything.
+ why don't you use thesaurus?
- what i just said!
+ watch! you highlight the word you wanna change, go under 'tools' and then word generates err gives a whole list of choices. you can pick the word that sounds smartest.
- oh my god! that is great! i am smart, no no i am brilliant, brainy, bright, clever, oooh i love this thing!

(+ ross *tatapan penuh cinta kikikik*, - joey)

ayo ayo pada ngaku siapa hayooo yang suka pake thesaurus di word? hehehe banyak yak? bukan, bukannya ga boleh, tapi let me tell you, ada bahaya yang mengancam ketika kita terlalu mengandalkan thesaurus yang di word itu (settt, bahasa serius gini bikin ibu guru kedengeran keren ga? :D)
buat yang udah nonton pasti tau endingnya, saking pengennya suratnya kedengeran keren, si joey memakai thesaurus untuk setiap kata di suratnya itu. daaan... yap suratnya malah jadi aneh! karena satu sama lain ga nyambung! huhu. itu dia yang ibu guru bilang sebagai bahaya tadi!
bikin contoh ndiri yuk!

they are a great couple.
ayo pake thesaurusnyaaaaa...

buat are setelah klik sana sini dapet deh exist, live, subsist, survive
buat great dapet huge, immense, enormous, vast, large, big, grand
lalu duo, pair buat couple.

pilih yang keliatan keren deh! terus ganti-ganti kata yang dimau.

they are subsist a huge duo.
they are exist a enormous pair.
they are survive a grand duo.

aneh banget kan? ga usah ngobrolin grammarnya yang jadi ancur, coba kali ini liat kamus dan terjemahkan ke bahasa indonesia kikikikikikik...

itu deh bahayanya kalo percaya gitu aja ama thesaurus dan lupa to consult your dictionary. bukan kenapa, thesaurus itu memberikan sederetan sinonim dari satu kata dan not necessarily definisinya. jadi ada kemungkinan satu kata itu jadi sangat ngga pas ama konteksnya.

misal lagi deh

the candy is so sweet.
aneh kan kalo kita bilang the candy is cute.
padahal kalo sweet di cek pake thesaurus, yap you will find cute as one of its synonims! haa!

jadi?

disinilah kamus menjadi sangat berarti (tsaaaahh udah berasa tukang jualan kamus nih! :p)

pake thesaurus di word boleh kok. tapi sebelum ngeliat deretan sinonimnya, pastikan liat beberapa artinya deh di kolom sebelah kiri, tiap klik di artinya kan akan membawamu ke deretan sinonim yang lain kan?

tapiiiiii yang lebih sipp lagi consult your dictionary. karena dictionary selain memberikan sinonim juga memberikan contoh bagaimana suatu kata dipakai dalam kalimat. itu baru satu hal baik yang ditawarkan kamus, ada banyak lainnya loh! *alah!*

i''ll get back to you soon with kayak gimana sih kamus yang baik dan gimana sih memakai kamus dengan baik dan benar. (eh kamus dipakai? :D).

masih nunggu more insights from mr. inspiration.

pic is from here.

4 comments:

Anonymous said...

My english teacher is so cute

diutak-atik pake dinosaurus, jadinya :

My english governess be as a result delightful

wuakakak :))
*ketawa guling-guling*

Anonymous said...

what can i say ... awesome!! or frightening????

Pojok Hablay said...

enak kalo kompie ol tiap saat, sekarang kan ada dictionary-nya langsung, jadi bisa sekalian nge-cek juga sih.

aku malah udah terlanjur terbiasa pake shift F7 tuh :D gak punya kamus indonesia-inggris

but I really lurrvvvee my english-english dic, worthed banget beli itu walopun second

Anonymous said...

aduuuh baru mbuka satu pelajaran enak juga yaa sambil ngeblog sambil blajar english.. udah gitu gak pake ujian, gak pake bayar, gak pake tatap muka (kalau yg ini rugi)